4.6( 200)

Pengertian blog dan blogosphere

Ditulis oleh @ryanologi

pengertian blog dan blogosphere
Pengertian blog dan blogosphere - Setelah satu minggu lebih blog ini saya telantarkan, akhirnya saya bisa update artikel lagi. Maklum, anak SMA lagi musimnya ulangan. hehe
Untung saja masih ada waktu luang.
Di postingan kali ini saya akan membahas tentang pengertian blog dan blogosphere.
Postingan ini saya dedikasikan untuk para pendatang baru di dunia blog dan blogosphere.


Pengertian Blog



Blog sendiri berasal dari kata “weblog” yang artinya adalah sebuah media pribadi di internet untuk sekedar menulis atau saling berbagi dan berdiskusi dengan para pengguna internet (netter) yang semakin hari semakin bertambah banyak. Di dalam blog yang kita buat, kita bisa saling berbagi informasi tentang apapun, berbagi aplikasi, software, curhat, atau juga mencari uang di internet. Di abad ke-21 ini pengguna internet mengalami peningkatan yang sangat drastis, mengapa? karena kebanyakan para netter lebih memilih mencari informasi di internet dibanding koran atau bahkan televisi. Perbedaan mencari informasi di internet dengan media lain menurut saya yaitu di internet kita bisa mendapatkan info secara langsung dan bisa dipastikan kebenaran infonya. Jika kita masih ragu-ragu dengan info yang kita dapat, kita bisa saling mendiskusikan info tersebut lewat media blog atau forum. Untuk membuat blog di internet, peralatan yang dibutuhkan adalah koneksi internet, komputer dan CMS (Content management system) serta ide. CMS adalah suatu aplikasi sistem pengelolaan untuk blog atau website. Untuk CMS saya kira dananya Rp 0. Banyak sekali penyedia CMS di seantero internet ini, dan hampir semuanya gratis. CMS gratisan yang paling sering digunakan sampai sekarang ini adalah WordPress dan Blogger. Dengan CMS, kita jadi lebih mudah dalam mengelola blog atau website, terutama bagi pemula seperti saya hehe.

Pengertian Blogosphere



Blogosphere adalah kumpulan dari seluruh blog atau weblog yang saling tersambung di jagat internet ini. Blogosphere pertama kali dicetuskan oleh Brad L. Graham sebagai sebuah lelucon di tahun 1999. Dan dimunculkan kembali oleh William Quick di tahun 2002. Di dalam blogosphere kita bisa menemukan segala macam informasi yang telah di-share oleh para pengguna internet melalui media blog atau weblog. Di dalam blogosphere juga bisa terjadi kejahatan/kecurangan seperti spam, penipuan dan segala hal berdosa lainnya.
Bila anda memposting sebuah info atau artikel, postingan tersebut dapat ditemukan oleh para penghuni blogosphere melalui Search Engine/Mesin Pencari (SE) seperti Google. Dengan munculnya SE, akan memudahkan para pengguna blog/internet untuk mencari info yang mereka butuhkan di blogosphere. Hal ini memunculkan lahirnya SEO, mengapa? karena saat kita mencari suatu info yang kita butuhkan, hasil pencarian di search engine akan berjumlah banyak sekali, mulai ratusan, ribuan, bahkan jutaan. Tentu para blogger ingin blog mereka dikunjungi para netter lewat SE, caranya adalah dengan memposisikan blog atau website mereka di SERP’s (Search Engine Result Pages) dengan peringkat sebaik-baiknya. Dengan rangking yang semakin tinggi, kemungkinan blog mereka dikunjungi oleh para netter akan bertambah besar.
Cara lain dalam menemukan informasi di internet/blogosphere yaitu melalui situs Social Bookmarking seperti digg, reddit, del.icio.us dan lain-lain. Para blogger dapat memasukan informasi yang mereka tulis/ketahui ke berbagai social bookmarking yang saya sebutkan di atas. Dengan begitu, para pengguna social bookmarking dapat menemukan info yang mereka inginkan, dan blog anda akan semakin sering dikunjungi.

Terima kasih sudah berkenan membaca tulisan saya ini. Kalau tulisannya masih berantakan, mohon dimaafkan ya



Tulis Komentar Anda dibawah ini

#SepakBola

#Info

#Stats




counter create hit my zimbio NewsAlloy button blog directory personal personal blogs Bloggers - Meet Millions of Bloggers planetblog - komunitas blog indonesia top seo sites
yousaytoo revenue sharing community
My Ping in TotalPing.com