4.6( 200)

Sejarah Demokrasi

Ditulis oleh @ryanologi

Sejarah Demokrasi - Sejarah Demokrasi, Demokrasi berasal dari kata Demos dan Kratos, demos berarti Rakyat dan kratos yang berarti kekuasaan. Jika diartikan menurut bahasa Yunani, Demokrasi adalah kekuasaan rakyat. Sedangkan menurut mantan presiden US Abraham Lincoln, Demokrasi berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

Sejarah Demokrasi

Sejarah Demokrasi menurut WIKIPEDIA:
Sebelum istilah demokrasi ditemukan oleh penduduk Yunani, bentuk sederhana dari demokrasi telah ditemukan sejak 4000 SM di Mesopotamia. Ketika itu, bangsa Sumeria memiliki beberapa negara kota yang independen. Di setiap negara kota tersebut para rakyat seringkali berkumpul untuk mendiskusikan suatu permasalahan dan keputusan pun diambil berdasarkan konsensus atau mufakat.
Barulah pada 508 SM, penduduk Athena di Yunani membentuk sistem pemerintahan yang merupakan cikal bakal dari demokrasi modern. Yunani kala itu terdiri dari 1,500 negara kota (poleis) yang kecil dan independen.Negara kota tersebut memiliki sistem pemerintahan yang berbeda-beda, ada yang oligarki, monarki, tirani dan juga demokrasi. Diantaranya terdapat Athena, negara kota yang mencoba sebuah model pemerintahan yang baru masa itu yaitu demokrasi langsung. Penggagas dari demokrasi tersebut pertama kali adalah Solon, seorang penyair dan negarawan. Paket pembaruan konstitusi yang ditulisnya pada 594 SM menjadi dasar bagi demokrasi di Athena namun Solon tidak berhasil membuat perubahan. Demokrasi baru dapat tercapai seratus tahun kemudian oleh Kleisthenes, seorang bangsawan Athena. Dalam demokrasi tersebut, tidak ada perwakilan dalam pemerintahan sebaliknya setiap orang mewakili dirinya sendiri dengan mengeluarkan pendapat dan memilih kebijakan. Namun dari sekitar 150,000 penduduk Athena, hanya seperlimanya yang dapat menjadi rakyat dan menyuarakan pendapat mereka.
Demokrasi ini kemudian dicontoh oleh bangsa Romawi pada 510 SM hingga 27 SM. Sistem demokrasi yang dipakai adalah demokrasi perwakilan dimana terdapat beberapa perwakilan dari bangsawan di Senat dan perwakilan dari rakyat biasa di Majelis. Sejarah Demokrasi dikutip dari http://id.wikipedia.org/wiki/Demokrasi

Indonesia juga merupakan salah satu negara demokrasi terbesar di dunia. Setiap 5 tahun sejak tahun 2004 Indonesia sudah mengadakan pesta demokrasi secara langsung oleh rakyat yaitu pemilihan presiden dan wakil presiden. Dan pada waktu itu, yang terpilih adalah Bapak Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Presiden dan Bapak Jusuf Kalla sebagai Wakil Presiden.

Demikian Sejarah Demokrasi, semoga bermanfaat.
Sumber referensi :
  1. http://matanews.com/wp-content/uploads/pemilu-ntt.jpg
  2. http://id.wikipedia.org/wiki/Demokrasi



Tulis Komentar Anda dibawah ini

#SepakBola

#Info

#Stats




counter create hit my zimbio NewsAlloy button blog directory personal personal blogs Bloggers - Meet Millions of Bloggers planetblog - komunitas blog indonesia top seo sites
yousaytoo revenue sharing community
My Ping in TotalPing.com