4.6( 200)

Ayam atau Telur dulu?

Ditulis oleh @ryanologi

Ayam atau Telur dulu? - Pertanyaan yang simpel namun menyimpan misteri yang begitu besar. Coba Anda tebak, Ayam atau Telur dulu yang ada di bumi ini?. Jika Anda menjawab telur, lantas siapa yang menelurkan telur itu, nah jika Anda menjawab ayam, lantas ayam itu menetas dari telur atau turun dari langit? bingung bukan?. 

Tim dari Universitas Sheffield dan Warwick, Inggris mencoba menguak misteri ini menggunakan super komputer bernama HECToR (High End Computing Terascale Resource) dan jawabannya adalah Ayam. Mengapa bisa demikian? 

Kepada laman Harian The Sun, ketua tim peneliti menjelaskan bagaimana mereka berhasil memecahkan teka-teki tersebut.

"Apa yang kami temukan adalah 'kecelakaan' yang menyenangkan. Awalnya, tujuan penelitian kami adalah menemukan bagaimana binatang membuat cangkang telur."

Menurutnya,  selama ini, masyarakat telah menganggap remeh ayam. Kami tidak menyadari proses luar biasa yang ditunjukan para ayam dalam proses pembuatan telur.

"Sadarkah Anda, ketika memecahkan kulit telur rebus di pagi hari, Anda sedang menyaksikan salah satu material luar biasa di dunia."

Cangkang telur memiliki kekuatan sangat luar biasa, meski beratnya sangat ringan. Manusia tak bisa membuat benda seperti itu, bahkan yang mendekatinya.
"Masalahnya, kita tak tahu bagaimana ayam membuat cangkangnya."
 
Kemudian tim tersebut menggunakan HECToR untuk menelusuri bagaimana cangkang telur bisa terbentuk.

Hasilnya, ditemukan protein khusus yang ada di tubuh ayam. Protein itu adalah adalah 'tukang bangunan' tanpa lelah, menyusun bagian-bagian cangkang mikroskopis membentuk cangkang telur.

Protein itu menginisiasi proses pembentukan cangkang sebelum menyusun bagian telur yang lain.
Cangkang telur tidak bisa terbentuk tanpa protein ini. Dan protein ini hanya terdapat di dalam rahim ayam.

Jadi, ayam adalah jawaban yang benar.

Lantas darimana asal ayam?
Beberapa teori mengatakan, ayam berasal dari unggas zaman dinosaurus. Masih menimbulkan teka-teki bukan? Kita nantikan saja eksperimen selanjutnya. Semoga bermanfaat



+ komentar + 2 komentar

16 April 2011 pukul 21.32

Weleh..satu teka-teki terpecahkan, eh..muncul lagi teka-teki baru.
Lama2 gak ada habis2nya nih, wkwkkwkw... :))

16 April 2011 pukul 23.47

duluan saya kalau makan ayamnya daripada anda mas ryan, hehehehe

Tulis Komentar Anda dibawah ini

#SepakBola

#Info

#Stats




counter create hit my zimbio NewsAlloy button blog directory personal personal blogs Bloggers - Meet Millions of Bloggers planetblog - komunitas blog indonesia top seo sites
yousaytoo revenue sharing community
My Ping in TotalPing.com